PENGENALAN ANIMASI (Adobe Flash)
Ø PENGERTIAN ANIMASI
Animasi merupakan suatu teknik menampilkan
gambar berurut sedemikian rupa sehingga penonton merasakan adanya ilusi gerakan
(motion) pada gambar yang ditampilkan. Secara umum ilusi gerakan merupakan
perubahan yang dideteksi secara visual oleh mata penonton sehingga tidak harus
perubahan yang terjadi merupakan perubahan posisi sebagai makna dari istilah
'gerakan'. Perubahan seperti perubahan warna pun dapat dikatakan sebuah
animasi.
Ø SEJARAH SINGKAT PERKEMBANGAN ANIMASI
Animasi
adalah film yang berasal dari pengolahan gambar tangan sehingga menjadi gambar
yang bergerak. Bentuk animasi tertua diperkirakan wayang kulit. Karena wayang memenuhi
semua elemen animasi seperti layar, gambar bergerak, dialog dan ilustrasimusik.
Animasi mulai berkembang sekitar abad ke-18 di Amerika. Pada saat itu teknik
stopmotion animation banyak disenangi. Teknik ini menggunakan serangkaian
gambardiam/frame yang dirangkai menjadi satu dan menimbulkan kesan seolah-olah
gambar tersebut bergerak. Teknik ini sangat sulit, membutuhkan waktu, juga
biaya yang banyak. Karena untuk menciptakan animasi selama satu detik, kita
membutuhkan sebanyak 12-24 frame gambar diam. Bayangkan jika film animasi itu
berdurasi satu jam bahkan lebih. J. Stuart Blackton mungkin adalah orang
Amerika pertama yang menjadi pionir dalam menggunakan teknik stop motion
animation. Beberapa film yang telah diciptakannya dengan menggunakan teknik ini
adalah The Enchanted Drawing (1900) Selanjutnya, setelah teknologi komputer
berkembang, bermunculan animasi yang dibuat dengan teknologi komputer. Animasi
itu macam-macam jenisnya. Ada yang 2 dimensi (2D) dan 3 dimensi (3D). Pada
animasi 2D, figur animasi dibuat dan diedit di komputer dengan menggunakan 2D
bitmap graphics atau 2D vector graphics. Sedangkan 3D lebih kompleks lagi
karena menambahkan berbagai efek di dalamnya seperti efek percahayaan.
Tokoh
yang dianggap berjasa besar mengembangkan film animasi adalah Walt Disney.Walt
Disney banyak menghasilkan karya fenomenali Mickey Mouse, Donald Duck, Pinokio,
Putri Salju, dan lainnya. Walt Disney pulalah yang pertama membuat film animasi
bersuara, Yakni, film Mickey Mouse yang diputar perdana di Steamboat Willie di
Colony Theatre, New York pada 18 November 1928. Walt Disney juga menciptakan
animasi berwarna pertama yakni, Flower and Trees yang diproduksi Silly
Symphonies di tahun1932.
Film
animasi merambah pula ke negara-negara Asia. Jepang misalnya juga telah mengambangkan
film animasi sejak tahun 1913 dimana pada waktu itu dilakukan First Experiments
in Animation oleh Shimokawa Bokoten, Koichi Junichi, dan Kitayama Seitaropada
tahun 1913. Selanjutnya, animasi di Jepang mengikuti pula perkembangan animasi
di Amerika Serikat seperti dalam hal penambahan suara dan warna. Dalam
perkembangan selanjutnya, kedua negara ini banyak bersaing dalam pembuatan
animasi. Amerika dikenal dengan
animasinya yang menggunakan teknologi yang canggih dan kadang simpel. Sedangkan
animasi Jepang mempunyai jalan cerita yang menarik.
Ø MACAM-MACAM / JENIS ANIMASI
a.
Animasi
2D (2 Dimensi)
Animasi
ini yang paling akrab dengan keseharian kita. Biasa juga disebut dengan film kartun.
Kartun sendiri berasal dari kata Cartoon, yang artinya gambar yang lucu.
Memang, film kartun itu kebanyakan film yang lucu. Contohnya banyak sekali,
baik yang di TVmaupun di Bioskop. Misalnya:
Looney
Tunes, Pink Panther, Tom and Jerry, Scooby Doo,Doraemon, Mulan, Lion King,
Brother Bear, Spirit, dan banyak lagi. Meski yang populerkebanyakan film
Disney, namun bukan Walt Disney sebagai bapak animasi kartun. Contohlainnya
adalah Felix The Cat, si kucing hitam. Umur si kucing itu sudah lumayan
tua, diadiciptakan oleh Otto Messmer pada tahun 1919. Namun sayang,
karena distribusi yangkurang baik, jadi kita sukar untuk menemukan
film-filmnya. Bandingkan dengan WaltDisney yang sampai sekarang masih ada
misalnya Snow White and The Seven Dwarfs (1937) dan Pinocchio (1940).
b.
Animasi
3D (3 Dimensi)
Perkembangan
teknologi dan komputer membuat teknik pembuatan animasi 3D semakin berkembang
dan maju pesat. Animasi 3D adalah pengembangan dari animasi 2D. Dengananimasi
3D, karakter yang diperlihatkan semakin hidup dan nyata, mendekati wujudmanusia
aslinya. Semenjak Toy Story buatan Disney (Pixar Studio), maka
berlomba--lombalah studio film dunia memproduksi film sejenis.
Bermunculanlah, Bugs Life, AntZ,Dinosaurs, Final Fantasy, Toy Story 2,
Monster Inc., hingga Finding Nemo, The Incredible, Shark Tale. Cars
Valian . Kesemuanya itu biasa juga disebut dengan animasi3D atau CGI (Computer
Generated Imagery).
c.
Animasi
Tanah Liat (Clay Animation)
Jenis
ini yang paling jarang kita dengar dan temukan diantara jenis lainnya. Padaha lteknik
animasi ini bukan termasuk teknik baru seperti pada saat Toy Story
membuka era baru animasi 3D. Bahkan, boleh dibilang nenek moyangnya
animasi. Karena animasipertama dalam bentukCIay Animation. Meski
namanya clay (tanah liat), yang dipakaibukanlah tanah liat
biasa. Animasi ini memakai plasticin, bahan lentur seperti permenkaret yang
ditemukan pada tahun 1897. Tokoh-tokoh dalam animasi Clay dibuat
denganmemakai rangka khusus untuk kerangka tubuhnya, lalu kerangka tersebut
ditutup denganplasficine sesuai bentuk tokoh yang ingin dibuat. Bagian-bagian
tubuh kerangka ini,seperti kepala, tangan, kaki, disa dilepas dan dipasang
lagi. Setelah tokoh-tokohnya siap,lalu difoto gerakan per gerakan. Foto-foto
tersebut lalu digabung menjadi gambar yangbisa bergerak seperti yang kita
tonton di film. Animasi Clay
termasuk
salah satu jenisdari Stop-motion picture. Film Animasi Clay Pertama
dirilis bulan Februari 1908 berjudul,A Sculptors Welsh Rarebit Nightmare. Untuk
beberapa waktu yang lalu juga, beredarfilm clay yang berjudul Chicken
Run .
d.
Animasi
Jepang (Anime)
Film-film
yang dibahas diatas adalah kebanyakan buatan Amerika dan Eropa. Namun,Jepang
pun tak kalah soal animasi. Jepang sudah banyak
memproduksi anime (sebutanuntuk animasi Jepang). Berbeda dengan
animasi Amerika, anime Jepang tidak semuadiperuntukkan untuk anak-anak, bahkan
ada yang khusus dewasa.Bicara tentang anime, ada tokoh legendaris, yaitu Dr.
Osamu Tezuka. Beliau menciptakan Tetsuwan Atom atau lebih dikenal dengan
Astro Boy. Seperti film animasi Amerika atauEropa, Anime juga terdiri dari
beberapa jenis, tapi yang membedakan bukan carapembuatannya, melainkan
formatnya, yaitu serial televisi, OVA, dan film bioskop.
Ø APLIKASI YANG DI GUNAKAN DALAM MEMBUAT ANIMASI
Di bawah ini merupakan beberapa aplikasi yang
di gunakan dalam membuat animasi:
*
3D Studio Max
* Gif Construction Set
* Macromedia Flash
* Microsoft Gif Animator
* Swift 3D
* Swish
* Ulead Cool 3D
* Macromedia Flash
* Microsoft Gif Animator
* Swift 3D
* Swish
* Ulead Cool 3D
*
Swish
* Adobe Flash
* Adobe Flash
Kali ini kita akan
membahas aplikasi yang di gunakan untuk membuat animasi yaitu adobe flash.
Adobe Flash
Adobe Flash (dahulu bernama Macromedia
Flash) adalah salah satu perangkat lunak komputer yang merupakan produk unggulan Adobe Systems. Adobe Flash digunakan untuk membuat gambar vektor maupun animasi gambar tersebut. Berkas yang
dihasilkan dari perangkat lunak ini mempunyai file extension .swf dan dapat
diputar di penjelajah
web yang telah
dipasangi Adobe
Flash Player. Flash
menggunakan bahasa
pemrograman bernama Action Script yang muncul pertama kalinya pada
Flash 5.
Sebelum tahun 2005, Flash
dirilis oleh Macromedia. Flash 1.0 diluncurkan pada tahun 1996 setelah
Macromedia membeli program animasi vektor bernama FutureSplash. Versi terakhir yang diluncurkan di pasaran
dengan menggunakan nama 'Macromedia' adalah Macromedia Flash 8. Pada tanggal 3
Desember 2005 Adobe Systems mengakuisisi Macromedia dan seluruh produknya,
sehingga nama Macromedia Flash berubah menjadi Adobe Flash.
Adobe Flash merupakan sebuah program yang didesain khusus
oleh Adobe dan program aplikasi standar authoring tool professional yang
digunakan untuk membuat animasi dan bitmap yang sangat menarik untuk keperluan
pembangunan situs web yang interaktif dan dinamis. Flash didesain dengan
kemampuan untuk membuat animasi 2 dimensi yang handal dan ringan sehingga flash
banyak digunakan untuk membangun dan memberikan efek animasi pada website, CD
Interaktif dan yang lainnya. Selain itu aplikasi ini juga dapat digunakan untuk
membuat animasi logo, movie, game, pembuatan navigasi pada situs web, tombol
animasi, banner, menu interaktif, interaktif form isian, e-card, screen saver
dan pembuatan aplikasi-aplikasi web lainnya. Dalam Flash, terdapat
teknik-teknik membuat animasi, fasilitas action script, filter, custom easing
dan dapat memasukkan video lengkap dengan fasilitas playback FLV. Keunggulan
yang dimiliki oleh Flash ini adalah ia mampu diberikan sedikit code pemograman
baik yang berjalan sendiri untuk mengatur animasi yang ada didalamnya atau
digunakan untuk berkomunikasi dengan program lain seperti HTML, PHP, dan Database
dengan pendekatan XML, dapat dikolaborasikan dengan web, karena mempunyai
keunggulan antara lain kecil dalam ukuran file outputnya
A. Area
Kerja Flash 8
Area kerja flash terdiri atas lima komponen, yaitu Menu,
Toolbox, Timeline, Stagedan Panel. Lihat gambar di bawah ini!
1. Menu berisi
control untuk berbagai fungsi seperti membuat, membuka, dan menyimpan file,
copy, paste, dan lain-lain.
2. Stage adalah
area persegi empat yang merupakan tempat dimana kita membuat objek atau animasi
yang akan dimainkan.
3. Toolbox berisi
koleksi untuk membuat atau menggambar, memilih dan memanipulasi isi stage dan
timeline. Toolbox dibagi menjadi empat, yaitu Tools, View, Colors dan Options. Beberapa
tool mempunyai bagian option. Contohnya, ketika Selection tool dipilih, Option
snap, smouth, straigten, rotate dan scale akan muncul di bagian options.
4. Timeline adalah
tempat kita dapat membuat dan mengontrol objek dan animasi.
5. Panels berisi
control fungsi yang dipakai dalam flash, yaitu untuk mengganti dan memodifikasi
berbagai property objek atau animasi secara cepat dan mudah.
6. Properties merupakan
window yang digunakan untuk mengatur property dari objek yang kita buat.
7. Components digunakan
untuk menambahkan objek untuk web application yang nantinya di publish ke
internet.
B. Mengenal
Toolbox
Toolbox merupakan bagian dari Flash yang memiliki
peranan yang sangat penting. Di dalamnya terdapat berbagai tool yang dapat kita
gunakan untuk menggambar suatu objek atau memodifikasi objek tersebut. Nama
beserta fungsinya akan dijelaskan sebagai berikut :
1. Selection tool untuk
memilih dan memindahkan objek.
2. Subselect tool untuk
memilih titik-titik pada suatu garis dalam objek.
3. Free Transform tool digunakan
untuk memperbesar, memperkecil atau memutar (rotate) objek yang kita buat serta
dapat mengubah bentuk objek menjadi bentuk lain.
4. Gradient Transfrom tool untuk
mengatur posisi gradient pada objek.
5. Line tool untuk
membuat garis.
6. Lasso tool untuk
memilih sebagian dari objek atau objek yang tidak teratur. Jika Selection tool
hanya bisa memilih keseluruhan dari objek, sedangkan Lasso tool bisa memilih
apa pun yang terdapat dari objek yang digambar.
7. Pen tool untuk
menggambar kurva dan garis yang dapat dimanipulasi dengan Subselect tool.
8. Text tool digunakan
untuk menuliskan kalimat atau kata-kata.
9. Oval tool untuk
membuat lingkaran atau oval.
10. Rectangle tool untuk
menggambar persegi atau kotak
11. Pensil tool untuk
menggambar suatu bentuk teratur.
12. Brush tool seperti
kuas dengan warna tertentu dapat membuat bentuk yang bebas.
13. Ink Bottle tool untuk
menambah atau megubah warna garis di pinggir suatu objek.
14. Paint Bucket tool untuk
memberi atau mengubah warna pada suatu bidang (fill).
15. EyeDropper tool untuk
mengidentifikasi warna atau garis dalam sebuah objek.
16. Eraser tool untuk
menghapus area yang tidak diinginkan dari objek.
17. Hand Tool untuk
menggeser layer atau tampilan pada stage.
18. Zoom tool untuk
memperbesar atau memperkecil tampilan pada stage.
19. Stroke Color untuk
mewarnai bingkai yang berada di pinggir objek.
20. Fill
Color untuk
mewarnai bidang objek.
21. Swap Colors untuk
memilih stroke color atau fill color secara bergantian.
22. No
Color untuk
mengosongkan warna.
23. Default
Colors untuk
menentukan warna stkitar baik untuk stroke atau fill.
24. Black
& White, digunakan untuk memberi warna objek dan warna border / garis
dengan warna hitam putih.
C. Mengenal
Timeline dan Frame
Timeline terdiri
atas Layer, Frame dan Playhead.
Fungsinya adalah sebagai tempat pengaturan timing atau waktu animasi dan
penggabungan objek-objek dari masing-masing layer lihat gambar berikut !
1. Frame adalah
kotak-kotak berurutan dalam timeline, di frame inilah nantinya akan menentukan
animasi apa yang akan dibuat atau dari frame awal sampai ke frame yang
diinginkan untuk membentuk suatu pergerakan animasi.
2. Keyframe ditkitai
dengan titik hitam pada frame, ini berarti bahwa ada objek pada frame tersebut.
3. Blank Keyframe ditkitai
dengan frame yang putih atau kosong. Ini berarti bahwa tidak ada objek.
4. Action Frame ditkitai
dengan huruf ‘a’ di atas titik hitam, ini berarti bahwa ada action script
padxa frame tersebut.
5. Sound Frame ditkitai
dengan gelombang suara pada frame, ini berarti bahwa ada suara yang dimasukan
pada frame tersebut.
6. Motion tween frame ditkitai
dengan warna unggu dengan panah diantara dua frame.
7. Shape tween frame ditkitai
dengan warna hijau dengan panah diantara dua frame.
8. Playhead ditkitai
dengan warna merah yang terletak di atas frame, ini berfungsi untuk menjalankan
animasi yang bisa langsung dilihat pada stage.
D. Mengenal
Layer
Layer (lapisan) merupakan hal yang sangat penting di flash. Layer
digambarkan seperti tumpukan lembaran yang transparan. Layer yang paling atas
akan menutupi objek layer yang dibawahnya. Kegunaannya antara lain:
· Untuk
pengaturan kerja, animasi dan elemen lainnya. Jadi, kita bisa memakai layer
yang berbeda antara file suara, objek, action, label frame dan komentar frame.
· Untuk
memudahkan dalam menggambar atau mengedit suatu oobjek tanpa mempengaruhi objek
yang berada di layer lain.
· Agar
bisa menemukan objek dengan cepat dan mudah ketika akan mengedit objek
tersebut.
· Dapat
membuat banyak objek dengan animasi yang berbeda antara yang satu dengan
lainnya.
Beberapa macam mode layer terlihat pada gambar di bawah ini:
1. Mode Aktif ditandai dengan gambar
pensil, mode ini menunjukkan bahwa layer sedang aktif dan siap untuk mengerjakan
suatu objek pada layer tersebut.
2. Mode Normal adalah mode yang bisa dilihat dan
diedit ketika mode ini menjadi mode aktif.
3. Mode Terkunci ditkitai dengan gambar
gembok kecil yang terkunci. Pada mode ini kita hanya bisa melihat objek pada
layer tanpa bisa mengeditnya.
4. Mode tersembunyi ditkitai
dengan tkita X, pada mode ini kita tidak dapat melihat objek pada layer. Mode
ini diperlukan untuk lebih leluasa mengedit objek pada layer lain.
5. Mode Outline ditkitai dengan kotak tanpa warna,
yang berarti tidak menampilkan objek secara keseluruhan, hanya garis luarnya
saja yang terlihat.
Nanti tolong buatkan tutorialnya ya.......!
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapuscomment back di link http://vikhamafa.blogspot.com/2014/07/seuntai-ucapan-karya-fika-amelia-ulfa.html
BalasHapusmakasih,,, :)
makasi infonya
BalasHapus